Kamis, 13 Oktober 2016

BUDAYA , MAKANAN , DAN CIRI KHAS KALIMANTAN SELATAN

BUDAYA BANJAR

Banjarmasin adalah salah satu kota yang berada di Kalimantan Selatan. Kota Banjarmasin memiliki budaya yang masih kental dari leluhurnya dan memiliki beraneka ragam suku yang salah satunya adalah Suku Banjar. Mayoritas penduduk Kalimantan Selatan merupakan etnis Banjar yang terdiri atas 3 kelompok, yaitu Banjar Kuala, Banjar Pahuluan dan Banjar Batang Banyu. Etnis Banjar memiliki beberapa ragam budaya yang di antaranya :



1. MADIHIN

Dapat di artikan sebagai puisi rakyat anonim bertipe hiburan yang dilisankan atau dituliskan dalam bahasa Banjar.

2. MUSIK PANTING

Musik Panting adalah musik tradisional dari suku Banjar di Kalimantan Selatan. Disebut musik Panting karena didominasi oleh alat musik yang dinamakan Panting, sejenis gambus yang memakai senar (panting) maka disebut musik Panting.

3. BAAYUN MAULID

  Baayun asal katanya “ayun” yang diartikan”melakukan proses ayunan”. Sedangkan kata maulid berasal dari peristiwa maulid (kelahiran) Nabi Muhammad SAW.

MASAKAN KHAS BANJAR

Selain memiliki ragam Budaya, etnis banjar memiliki makanan khas yang di gemari oleh mayoritas suku Banjar seperti Soto Banjar dan Ketupat Kandangan.

1. SOTO BANJAR
 Soto Banjar adalah salah satu makanan khas dari Kalimantan Selatan. . Soto Banjar berbeda dengan soto yang berada di daerah lain karena memiliki struktur kuah yang lebih bening. Soto Banjar biasanya di hidangkan pada perhelatan perkawinan, acara tahunan dan sunatan. Soto Banjar tidak menggunakan nasi melainkan ketupat. Rasa gurih nya yang khas membuat produsen mie instant mengadaptasi salah satu produknya dengan nama mie instant rasa Soto Banjar Limau Kuit

2. KETUPAT KANDANGAN

 Ketupat Kandangan adalah makanan khas asli dari Kota Kandangan,Kalimantan Selatan. Ketupat Kandangan memunyai kuah yang keruh karena terdapat santan yang menambah cita rasanya.

CIRI KHAS KALIMANTAN SELATAN

1. RUMAH BANJAR BUBUNGAN TINGGI

Ciri khas yang terkenal di Kalimantan Selatan adalah Rumah Bubungan Tinggi yang merupakan  rumah tradisional suku Banjar dan menjadi maskot rumah adat khas provinsi Kalimantan Selatan.

2. PASAR TERAPUNG

Pasar Terapung adalah sebutan untuk sarana jual beli yang terletak di atas perairan, misalnya sungai atau danau. Para penjual dan pembeli masing-masing berada di atas perahu-perahu (jukung/klotok).

3. BEKANTAN

Bekantan (Nasalis Larvatus) adalah sejenis monyet yang memiliki hidung panjang dan besar dengan rambut berwarna  coklat kemerahan dan merupakan salah satu dari spesies dalam genus tunggal monyet Naslis. Primata hidung panjang ini merupakan binatang endemik pulau Kalimantan, sabah, Serawak dan Brunai. Penduduk Borneo (Kalimantan) menyebut nya monyet Belanda, pika, nahara bentangan, raseng dan kahau.

1 komentar:

  1. Apa yang diungkapkan dalam artikel "Kota Seribu Sungai" di blog Muhammad Rizki, dipublikasikan pada Oktober 2016?
    Visit us Telkom University

    BalasHapus